Menghindari Kejahatan Hipnotis di Tempat Wisata


Oleh : Agung Bawantara

Akhir-akhir ini banyak terjadi kejahatan dengan metode hipnotis. Di seluruh tanah air, telah ratusan korban kehilangan uang atau benda berharga lainnya setelah dihipnotis oleh seseorang. Karena kejahatan tak pernah menghiraukan tempat, apakah itu emperan jalan, warung, pusat bisnis, atau tempat wisata, ada baiknya anda mengetahui cara menghindari kejahatan hipnotis di bawah ini sebelum anda melancong.

Satu hal yang mula-mula harus anda yakini adalah bahwa kejahatan hipnotis ini menggunakan metode pengenadalian kesadaran yang dapat dihindari dengan menjaga kesadaran anda tetap di bawah kontrol anda sendiri. Kejahatan hipnotis tidak akan mempan pada orang yang menolaknya. Di bawah ini, beberapa tips lain menghindarkan diri dari kejahatan hipnotis.

• Waspadai orang yang baru anda kenal dan berusaha akrab dengan Anda. Hipnotis bekerja melalui proses persuasi dengan kata-kata yang melengahkan pikiran Anda. Jangan larut pada kalimat-kalimat yang diucapkannya. Katakan atau tanyakan kembali jika ada hal yang anda tidak tahu.

• Waspadai orang yang tak anda kenal dan menepuk anda, lalu bersikap sangat ramah bahkan sok kenal. Tepukan itu merupakan shock induction untuk seketika menyibukkan pikiran anda. Rasa kaget dan rasa sungkan anda dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan hipnotis untuk menjejali anda dengan omongan-omongan yang membingungkan.

Misalnya, dia bilang “Eh, Liburan di Bali Juga, ya? Si Susi gimana kabarnya sekarang, masih sering kontak-kontakan sama teman-teman, kan ?”

Susi itu nama umum. Anda mungkin punya teman bernama Susi. Maka pikiran anda akan langsung sibuk mengingat wajah teman anda itu dan berusaha mengingat hubungannya dengan orang yang menepuk dan menyapa anda itu. Jika tidak punya teman bernama Susi, pikiran anda akan lebih sibuk lagi karena mberusaha mengingat wajah teman yang bernama Susi dan berusaha mengingat orang ramah yang ada di depan anda, takut dikatakan sombong telah melupakan teman sendiri.

Lagi Viral :  Kisah Happy Salma Jadi Duta FFDB 2011

Saat demikian si penjahat akan menambahkan informasi lain yang membingungkan, misalnya dengan mengatakan: “Itu lho, yang ganjen banget itu?” Ketika kita tampak bingung, dia akan menambahkan lagi: “Eh, apa Susi, ya? Sebentar, aku malah sering pangling. Pokoknya, orangnya centil. Apa Lia, ya?”

Karena sibuk mengingat, pikiran anda menjadi lelah dan tak waspada. Pada saat itulah si penjahat mengucapkan kalimat-kalimat sugestif yang membuat anda patuh pada perintahnya.

Jadi, jangan sungkan untuk mengatakan tidak kenal kepada siapa pun. Toh, jika orang itu benar-benar teman lama yang anda lupakan, anda bisa minta maaf karena memang benar-benar lupa.

• Waspadai orang yang tiba-tiba membentak anda menuduh anda telah melakukan sesuatu yang membuatnya marah, seperti menabrak adik atau kerabatnya. Cara mengatasi hal ini adalah dengan apa yang Milton Erickson istilahkan dengan The Art of Misunderstanding. Begitu dia membentak: “Kamu menabrak adhiku?!”, jawab saja dengan menyebutkan apa yang anda lihat pertama kali. Misalnya melihat giginya tak teratur, anda katakan: “Dokter giginya tutup!”

Jika anda dikata-katai: “Dasar picek, nggak punya mata. Anjing!!!” Jawab saja, “Yang kau bilang itu kurang lengkap, kurang dua kata. Agar lengkap mestinya kaubilang, ‘Dasar picek, nggak punya mata. Dasar anjing kurap!!!'” Maka semua sugesti yang akan dilancarkan akan langsung gugur.

• Hati-hati terhadap beberapa orang yang tiba-tiba mengerumuni anda tanpa suatu hal yang jelas, segera beranjak ke tempat yang ramai atau laporkan kepada petugas keamanan untuk menghindari kejahatan hipnotis yang dilakukan secara berkelompok.

• Waspadai orang yang tak anda kenal menawarkan barang berharga pada anda dengan harga miring dengan dalih perlu uang mendesak karena kena musibah atau kerabat sakit. Apalagi kemudian ada orang lain yang (seolah-olah) tak sengaja mendengar percakapan itu lalu membeli barang tersebut dengan penuh antusiasme.

Lagi Viral :  “Apa Ini, Apa Itu” , Pertanyaan 27 Seniman Jelang 2010

• Waspadai orang yang tak anda kenal yang tiba-tiba menyapa anda dan mengatakan bahwa anda memiliki aura spiritual yang hebat. Jangan terlena. Tetap kontrol kesadaran bahwa anda adalah mahluk Tuhan yang mulia yang hanya takjub pada kebesaranNYA.

Demikianlah, jika anda camkan dan resapi, tips praktis di atas pasti berguna untuk menjauhkan anda dari penyalahgunaan hipnotis oleh orang-orang jahat.

Link tentang hipnotis yang perlu anda kunjungi:
Hati-hati pada Hipnosis, EFT, NLP

Atau, isi form di bawah ini untuk mendapatkan e-book gratis tentang hipnosis:



Wisata Bali

Similar Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *