Panorama Indah Hingga Ombak Yang Besar

Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak diminati oleh banyak orang. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di pantai. Mulai dari sekedar menikmati pemandangan, berjemur di pantai, hingga aktifitas-aktifitas menantang seperti snorkling, diving, dan surfing. Salah satu destinasi wisata pantai yang tidak boleh dilewatkan bila ke Lombok adalah wisata pantai di Lombok Tengah. Ada banyak destinasi wisata pantai di lombok tengah. Pengunjung dapat menikmati panorama yang indah hingga berselancar di beberapa pantai disini.

wisata pantai di lombok tengah, wisata lombok, keindahan patai, pasir putih, laut biru, ntb

Pantai Kuta – Lombok Tengah

Salah satu Wisata Pantai di Lombok tengah ada yang memiliki nama sama dengan sebuah pantai terkenal di Bali, yaitu Pantai Kuta. Letak pantai ini di Desa Kuta, Pujut, lebih kurang 27 kilometer jauhnya dari Praya ke arah selatan. Beragam jenis ikan maupun terumbu karang hidup di bawah air lautnya yang jernih, cocok untuk snorkling atau diving. Di sekitar pantai ini juga terdapat beberapa hotel, mulai dari hotel berbintang hingga kelas melati. Pengunjung dapat menikmati makanan-makanan hasil tangkapan dari laut di warung maupun restoran yang berdiri disini. Selain itu, para pemandu surfing pun hadir untuk membantu mereka yang ingin belajar berselancar di ombak pantai kuta Lombok. Pantai ini memang memiliki ombak yang cukup besar khususnya di bulan-bulan tertentu.



Pantai Gerupuk – Lombok Tengah

Wisata pantai di Lombok tengah lainnyanya adalah Pantai Gerupuk. Disini terdapat 5 spot untuk surfing, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat advance. Ombak di pantai ini memang dapat diarungi oleh surfer di semua level. Ketinggian ombak disini dapat mencapai 4 hingga 6 kaki dibulan Oktober sampai bulan April. Biasanya, banyak wisatawan asing yang datang kesini menjajal kemampuan surfing mereka. Seperti di pantai Kuta, para surfer pemula juga tidak perlu khawatir, disini mereka bisa mendapatkan kursus singkat dari para guide.

Pantai Selong Belanak – Lombok Tengah

Berikutnya adalah pantai Selong Belanak. Selong Belanak terdapat di Kecamatan Praya. Jaraknya sekitar 34 kilometer dari pusat kota Praya. Wisata pantai di Lombok Tengah yang satu ini memang masih kurang dikenal. Tapi keindahannya tidak kalah dengan objek wisata pantai di Lombok Tengah yang lainnya. Hamparan pasir putih di pantai ini terlihat mengkilap jika diterpa sinar matahari. Para pengunjung bisa menikmati indahnya pantai ini sembari menikmati ikan bakar yang ditangkap oleh warga setempat. Mereka cukup menunggu para nelayan pulang dari melaut untuk menikmati ikan segar hasil tangkapan mereka.

Pantai Mawun – Lombok Tengah

wisata pantai di lombok tengah, wisata lombok, keindahan patai, pasir putih, laut biru, ntb

Jangan lewatkan juga Pantai Mawun. Letaknya di Kecamatan punjut. Para pecinta snorkling dan diving perlu mencoba untuk menjelajahi wisata pantai di Lombok Tengah satu ini. ombak pantai ini pun patut dijelajahi oleh para surfer profesional. Pemandangannya pun tidak kalah indah. Pasirnya sangat halus. Ia juga diapit oleh bukit-bukit yang semakin menyegarkan mata bila dipandang. Bukit-bukit disini berubah warna sesuai dengan musimnya. Di musim hujan, bukit-bukit tampak hijau karena tanaman yang tumbuh dengan subur akibat air hujan. Bila musim panas, bukit-bukit disini terlihat kecoklatan. Dari puncak bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Pantai ini juga relatif tidak ramai, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan tenang.

Pantai Tanjung A’an – Lombok Tengah

Pantai selanjutnya adalah Pantai Tanjung A’an. Dari Senggigi, pantai ini dapat dicapai dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Dari pantai Kuta, wisata pantai di Lombok Tengah ini dapat dicapai hanya dengan menyusuri jalan sekitar 3 kilometer ke arah timur. uniknya, wisata pantai di Lombok Tengah satu ini memiliki 2 jenis pasir yang berbeda, yaitu pasir putih dan pasir merica. Disebut pasir merica karena ukuran pasir maupun warnanya mirip dengan merica. Pasir putih terdapat di sebelah barat bagian pantai yang berpasir merica. Keduanya dipisahkan dengan sebuah tanjung kecil. Tekstur pasirnya memang agak besar seukuran merica. Pantai ini bersih. Wisatawan pun masih sedikit yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Segar – Lombok Tengah

Wisata pantai di lombok tengah yang terakhir adalah Pantai Segar, air laut di danau ini sangat jernih sehingga keindahan di bawah laut dapat dinikmati tanpa harus snorkling atau diving. Serupa dengan pantai Mawun, di Pantai ini terdapat bukit kecil yang berjumlah banyak. Bila didaki, pengunjung dapat menikmati panorama indah dari puncak bukit. Pantai ini letaknya dekat dengan Pantai Kuta bila disusuri melewati garis pantai. Namun pengunjung harus melewati jalan yang memutar bila hendak mencapai  Pantai Segar dari Pantai Kuta melalui jalur darat. Setiap tahunnya, di sekitar bulan Februari, diselenggarakan upacara Bau Nyale. Pada saat ini, masyarat melakukan aktifitas mencari serta menangkap cacing di laut.

Demikianlah ulasan wisata Pantai di Lombok Tengah. Para pecinta surfing dapat menjajal kemampuan mereka di pantai-pantai indah ini. Begitu juga dengan para pecinta snorkling dan diving, keindahan flora dan fauna bawah laut adalah daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Bagi mereka yang tidak mempunyai hobi surfing, snorkling, atau diving, keindahan objek wisata pantai di Lombok tengah pun sudah cukup untuk menenangkan pikiran bersama orang-orang tersayang.

Wisata Lombok