Pemenang Blog Award Pekan Ketiga Juli 2010

[ad_1]

Blog yang tengah anda baca ini, memenangi penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010 untuk kategori Bronze pada pekan ketiga Juli 2010. Penghargaan kategori Bronze adalah penghargaan yang diberikan kepada dua situs pilihan per satu pekan. Blog-blog tersebut dinilai dari situs yang didaftarkan dan blog/web walking yang dilakukan oleh panitia.

Selanjutnya, delapan blog pemeraih Bronze Award ini dinilai lagi untuk meraih Silver Award pada bulan bersangkutan. Sembilan peraih Silver Award yang terpilih pada periode tiga bulan, diseleksi lagi untuk meraih predikat Gold Award. Di ujung tahun, 12 pemegang Gold Award akan disandingkan dan akan dinilai untuk memenangkan Platinum Award.

Internet Sehat Blog & Content Award (ISBA) 2010 merupakan kelanjutan dari ISBA 2009, yaitu sebuah penghargaan sepanjang tahun yang diberikan kepada pengelola blog (blogger), boleh perseorangan ataupun berkelompok, yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan di blog. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia.

Bulan ini dan seterusnya, atas masukan dari berbagai pihak, maka web yang akan dinilai kontennya tidak hanya terbatas pada blog, tetapi juga model kumpulan informasi online dalam bentuk lainnya baik berupa portal, wiki, jejaring sosial dan sebagainya. Motto ISBA 2010 adalah: “Internet Sehat, Konten Sempurna”

Jenis konten yang dinilai terbagi bagi atas sembilan jenis konten, yaitu:
1. education (situs tentang dunia pendidikan, formal/informal, atau tentang ilmu pengetahuan yang relevan dan digunakan dalam proses belajar-mengajar)
2. family (situs tentang problematika keluarga, kesehatan ibu-anak, kehidupan remaja, perencanaan keuangan dan rumah/taman)
3. student (situs yang dibuat dan dikelola oleh siswa SD-SMP-SMA, baik yang sifatnya blog personal, kelompok, maupun mading online)
4. techno (situs tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru, termasuk soal ICT, software/hardware maupun sains umum)
5. citizen journalist (informasi tentang ulasan/liputan/analisis yang terkait dengan aneka berita/informasi yang dekat dekat dengan pembaca serta faktual)
6. lifestyle (situs yang kental dengan tulisan gaya hidup, semisal shopping, buku, film, musik, pernak-pernik, otomotif, dan sebagainya)
7. business (situs yang menyelenggarakan jual-beli produk dan/atau jasa secara online, baik yang dikelola oleh perseorangan ataupun kelompok)
8. variety (situs yang isinya bervariasi dan aneka macam jenis artikel, tetapi disajikan dengan karakter yang kuat dari penulisnya)
9. inspiring (situs dengan konten yang unik dari sisi kreativitas isi, yang tidak termasuk dari kriteria di atas)

Kumpulan informasi atau situs tersebut bebas dihostingkan di mana saja dan dengan domain apa pun. Tetapi sangat dianjurkan untuk diletakkan di layanan lokal (dalam negeri), walaupun hal tersebut tidak akan mempengaruhi penilaian.

Panitia melibatkan tokoh-tokoh kompeten yang akan menyeleksi blog-blog yang kelak pantas mendapat Gold Award dan Platinum Award. Mereka adalah Budi Putra (Blogger, Wartawan, Pendiri Asia Blogging Network, Country Editor Yahoo Indonesia); Romi Satria Wahono (Blogger, Ahli IT, Pendiri IlmuKomputer.com); Wicaksono Hidayat (Blogger, Wartawan, Managing Editor detikINET.com); Onno Purbo (Penulis, Ahli IT, Ketua Dewan Penasehat ICT Watch); dan dua orang ahli dari Perwakilan XL Axiata dan Norton Symantec.

Adapun poin penilaiannya adalah :
1. konten yang kreatif, unik dan kontekstual serta memiliki nilai tambah (bermanfaat) bagi pembacanya
2. konten tidak sekedar copy-paste dari sumber lain (jika berupa saduran, diperbolehkan asal tetap menyebutkan sumbernya)
3. konten dapat berupa fitur, berita, opini, ulasan, ringkasan, kajian, tips, kiat, reportase, dll.
4. konten diharapkan berbahasa Indonesia (tetapi juga boleh berbahasa inggris), formal maupun informal, teknis maupun non-teknis, sepanjang mudah dipahami pembaca umum
5. situs di-update secara berkala (rutin) dan harus tercantum data diri yang benar (minimal nama dan e-mail valid)

[ad_2]

Wisata Bali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*