Tetebatu, Desa Indah di Kaki Gunung Rinjani

Tetebatu adalah sebuah desa kecil yang terletak sekitar 2 km dari batas selatan Taman Nasional Gunung Rinjani.
Desa ini terkenal karena atraksi budayanya dan pemandangan alamnya yang indah. Selain itu, banyak pengrajin kerajinan Sasak seperti terakota hitam dan keranjang tersebar di seluruh Tetebatu. Desa yang tidak jauh dari Kotaraja ini adalah lokasi terbaik di Lombok untuk melihat olahraga tradisional perang tongkat yang disebut peresehan. Desa ini juga mempunyai tradisi yang panjang dalam membuat alat-alat dari besi.
Lihat juga: Tujuan Wisata di Sekitar Gunung Rinjani

tetebatu, gunung rinjani, keindahan alam, desa wisata di lombok
Persawahan warga di Tetebatu

Berikut adalah beberapa aktifitas yang bisa Anda lakukan di Tetebatu:

  • Berjalan-jalan; Tetebatu terbentang di sepanjang dua jalan utama, jalan utara-selatan dan jalan utara-timur atau jalan air terjun. Anda bisa berjalan-jalan sepanjang jalan ini sambil menikmati pemandangan megah gunung Rinjani. Di Tetebatu terdapat pula sawah-sawah penduduk yang semakin membuat nuansa alami pedesaan sangat kental di sini. 
  • Menuju Air Terjun Jukut;
    Sekitar 2 km dari pintu masuk Taman Nasional gunung Rinjani terdapat air terjun yang indah di antara dedaunan yang bernama Air Terjun Jukut. Warga setempat percaya bahwa air terjun ini memiliki khasiat khusus yaitu mencegah kebotakan. Percaya atau tidak, air terjun ini tetap menyajikan panorama yang indah.

    tetebatu, gunung rinjani, keindahan alam, desa wisata di lombok, air terjun alami
    Air Terjun Jukut

     

  • Mengunjungi Kotaraja; Kotaraja adalah sebuah desa yang berada sekitar 5 km sebelah selatan Tetebatu. Desa ini terkenal karena pertempuran tradisional dengan tongkat yang disebut peresehan. Kegiatan ini biasanya diadakan dimana pemuda sasak secara seremonial melawan satu sama lainnya dengan tongkat rotan dan perisai dari kulit kerbau. Sebelum Anda ke Kotaraja, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke warga setempat apakah ada acara peresahan saat kunjungan Anda.

Cara Menuju Tetebatu

Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju Tetebatu meski memakan waktu sedikit lebih lama dibanding dengan kendaraan pribadi. Anda bisa mengambil bus dari terminal utama Mataram menuju Pomotong, sekitar 12 km selatan dari tetebatu. Biasanya bus ini ada di pagi hari. Di perempatan dan pasar Pauk Motong, Anda bisa menemukan bemo menuju kotaraja. Dari sana Anda bisa menyewa cidomo, salah satu transportasi tradisional di Lombok yang biasa disebut delman sekitar 2 km.

Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa menyewa kendaraan pribadi dari Mataram dengan supir untuk menuju Tetebatu. Biayanya sekitar 250.000-300.000 rupiah.

Wisata Lombok

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*